Rabu, 03 Juli 2013

DZIKIR

Dzikir


Al Quran mengajarkan bahwa kesuksesan dan kebahagiaan yang diperoleh oleh seseorang akan dapat dilestarikan apabila yang bersangkutan pandai mensyukurinya, dan sebaliknya kesuksesan dan kebahagiaan itu akan segera berakir, berubah menjadi siksaan dan penderitaan apabila yang bersangkutan tidak pandai menyukurinya.
 La-in syakartum la-azidannakum wa la-in kafartum inna ‘adzabi lasyadid,
Kalau kalian syukur , aku akan tambahkan ni’mat kepadamu, dan kalau kamu kufur, maka sesungguhnya azabku maha pedih”.( QS Ibrahim , 14:7).
Demikian juga kepahitan dan kesulitan hidup, tidak akan membuahkan penderitaan apabila yang bersangkutan sabar dan tabah menghadapinya.
Dan sesunguhnya akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan cobaan berupa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Maka sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS al-Baqarah, 2:155)
Tapi manusia memang manusia, mereka memiliki sejumlah kelebihan dan sekaligus segudang kelemahan, manusia memiliki potensi untuk gelisah dan resah, tidak mampu bersabar, dan tidak pandai bersyukur, kecuali mereka yang memiliki iman yang mantap dan melaksanakan amal shaleh yang  ikhlas, mereka yang senantiasa dzikir kepada Allah SWT.
Manusia itu tiada jemu-jemunya berdo’a supaya memperoleh kebaikan, tetapi apabila bahaya menimpanya, ia sering berputus asa dan hilang harapan. (QS Hamim as-Sajdah, 41:49)
Manusia diciptakan dengan membawa sifat tergesa-gesa. (QS al-Isra, 17:11 dan QS al-Anbiya, 21:77)
Buku  DZIKIR  yang ditulis oleh bapak kita DR.Miftah Faridl, sebuah buku kecil, bisa di bawa kemanapun kita pergi, bisa dibaca disetiap waktu, isinya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ilmu kita. Adapun isi dari buku ini diantaranya adalah :
1.       Petunjuk Islam untuk Mengatasi Kegelisahan
a.       Tips menghadapi realitas kehidupan
b.      Tips untuk mengatasi kepahitan dan kekecewaan
c.       Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh hati yang tenang
 2.       Dzikir
a.       Pengertian dzikir
b.      Urgensi dan hikmah dzikir
c.       Hikmah dan manfaat dzikir
d.      Petunjuk pelaksanaan dzikir
e.      Macam-macam dzikir

3.       Akhlak dan amalan utama untuk memperoleh ketenangan dan ketegaran
a.       Sabar dalam menghadapi kesulitan dan penderitaan
b.      Ikhlas dalam melaksanakan amal kebajikan
c.       Syukur bila mendapat nikmat
d.      Taubat tatkala terlanjur melakukan kesalahan/dosa
e.      Menyadari akan adanya ujian kehidupan
f.        Melakukan shalat dan bermunajat di penghujung malam
g.       Memakurkan mesjid
Apabila di uraikan secara mendetail, ini akan memerlukan waktu berhari-hari ngetiknya, maka saya anjurkan agar membaca bukunya saja, gak tebal kok buku pocket hanya 215 halaman, penerbit PUSTAKA BANDUNG
Semoga bermanfaat sebagai obat hati……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar